BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

PELAYANAN yang DIBERIKAN PT.KAI(PERSERO) KEPADA MASYARAKAT

 Image

DISUSUN OLEH:

NAMA    : DWI YUSTIYANITA

NPM        : 29213976

KELAS    : 1EB16

TOPIK     : BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPRmengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api diIndonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Jabotabek untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli PT Kereta Api (Persero) dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia. Dengan begitu PT KAI diharapkan dapat melayani masyarakat lebih baik lagi. Di tengah banyaknya persoalan teknis maupun klasik yang menggayuti satu-satunya pengelola moda transportasi kereta api di negeri ini. Terlebih lagi selama ini, jajaran PT KAI baik mereka yang berada di pusat maupun daerah, tampaknya sudah terbiasa dengan layanan apa adanya karena memang tidak ada saingan.

Rumusan masalah

  1. Bagaimana perkembangan kinerja PT KAI?
  2. Bagaimana penilaian masyarakat terhadap pelayanan PT KAI?
  3. Apa saja kelebihan PT KAI?
  4. Apa saja kekurangan PT KAI?
  5.  Apa yang harus dilakukan PT KAI untuk meningkatkan kinerjanya

Tujuan masalah

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, tujuan penulisan ini yaitu:

  1. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan kinerja PT KAI
  2. Untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap kinerja PT KAI.
  3. Mengetahui kelebihan dan kekurangan PT KAI.

Landasan Teori

Menurut UU no.19/2003 yang dimaksud dengan PT Persero adalah suatu perusahaan yang mana :

  1. Merupakan BUMN
  2. Berbentuk PT (sesuai dengan UU NO.1/1995 yang diubah dengan UU NO.40/2007).
  3. Minimum 51% atau seluruh sahamnya milik negara
  4. Melalui penyertaan modal secara langsung(yang ditetapkan melalui pemerintah)

Pembahasan

Perkembangan kinerja PT KAI

Di dalam tubuh PT KAI kini sudah mulai terlihat banyak perubahan. Dapat dilihat dari sistem pelayanan para pegawai PT KAI yang cukup ramah dalam melayani penumpang,adanya petugas keamanan di setiap gerbong,pemberlakuan commuterline untuk wilayah jakarta dan sekitarnya sehingga tidak ada perbedaan antar penumpang seperti dahulu misalnya pembagian kelas ekonomi dan eksekutif kini tidak ada. Dari segi kereta sendiripun kini sudah lebih baik walaupun masih ada fasilitas di dalam kereta yang tidak berfungsi dengan baik. Commuterline sendiripun memiliki gerbong khusus wanita sehingga membuat para wanita menjadi lebih nyaman.

Penilaian masyarakat terhadap kinerja PT KAI

Masyarakat menilai saat ini PT KAI memang sudah lebih baik,namun tetap saja pelayanan yang disediakan oleh PT Kereta Api bagi para pelangganya masih kurang optimal. Masih adanya keluhan-keluhan  mengenai pelayanan dari PT. Kereta Api, seperti tempat tiket yang terbatas, sehingga sering terjadi antrian panjang terutama pada setiap akhir pekan, tempat tunggu untuk calon penumpang yang terbatas, selain itu pula sering muncul ketidakjelasan informasi kedatangan kereta api. Aspek-aspek kualitas ini menjadi masalah yang harus dipehatikan oleh pihak PT. kereta Api (Persero) Pelayanan pelanggan yang kurang optimal tentunya akan memberikan penilaian subjektif atau membentuk persepsi negatif terhadap image perusahaan atau penyedia jasa yang bersangkutan. Oleh karena itu, upaya untuk mengembangkan citra yang kuat membutuhkan kreatifitas dan kerja jeras. Citra tidak dapat ditanam dalam pikiran pelanggan dalam waktu singkat dan disebarkan melalui satu media saja. Sebaliknya citra itu harus disampaikan melalui tiap sarana komunikasi yang tersedia dan disebarkan terus menerus. Citra yang baik dari suatu organisasi merupakan aset karena citra mempunyai dampak pada persepsi konsumen dari komunikasi dan operasi organisasi dalam berbagai hal.

Kelebihan PT KAI

PT KAI memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

1.merupakan jasa transportasi yang paling banyak di pergunakan oleh masyarakat, karenacukup ekonomis dan cepat.

2.memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur di berbagai daerah.

3.Kereta Api Kelas Ekonomi masing-masing memiliki nilai ekonomis bagi setiap penggunaan dinamika perekonomian nasional, khususnya untuk menunjang sektor pariwisata.

4.Untuk menunjang kepariwisataan, PT. KAI memberikan pelayanan kereta khusus wisata yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas

Kekurangan PT KAI :

PT KAI memiliki beberapa Kekurangan :

1.Masalah keterlambatan jadwal perjalanan. Hal ini disebabkan pada bagian jalan KA tertentu sedang ada pelaksanaan perbaikan pada komponen jalan rel, baik berupa penggantian rel dan bantalan, sehingga KA harus berjalan perlahan dan berpengaruh terhadap waktu tempuh.

2.Jumlah unit KA yang ada sekarang masih kurang, jika dibandingkan dengan jumlah penumpang yang sangat banyak. bahkan disetiap gerbong KA selalu kelebihan muatan atau OverLoad dari jumlah kapasitas yang diharuskan.

3.banyaknya penumpang yang masih melanggar peraturan di dalam kereta api seperti berjualan secara diam-diam tanpa ditegur oleh petugas keamanan.

Yang harus dilakukan PT KAI untuk meningkatkan kinerjanya

 

Untuk meningkatkan pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI), di tengah banyaknya persoalan teknis maupun klasik yang menggayuti satu-satunya pengelola moda transportasi kereta api di negeri ini. Terlebih lagi selama ini, jajaran PT KAI baik mereka yang berada di pusat maupun daerah, tampaknya sudah terbiasa dengan layanan apa adanya karena memang tidak ada saingan.

Sejatinya, baik buruknya pelayanan yang diberikan akan sangat tergantung dari persoalan sumber daya manusia (SDM) di tubuh PT KAI itu sendiri. Dalam artian bagaimana mereka mampu memberikan pelayanan dengan baik, jika setiap saat mereka selalu dihantui berbagai persoalan keseharian yang harus segera dicarikan solusinya. Misalnya terkait dengan pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, uang sekolah anak, pelayanan kesehatan, dan berbagai kebutuhan hidup lainnya, yang tentunya suka atau tidak suka akan bersinggungan dengan pelayanan yang diberikan.  Jadi intinya pelayanan yang diberikan akan sangat terkait atau berkorelasi positif dengan tingkat kesejahteraan yang diperoleh. Sebab bagaimanapun, terjadinya peningkatan kesejahteraan, setidaknya akan mampu memicu kinerja pelayanan yang dilakukan pegawai PT KAI

PT KAI ibarat sebuah perusahaan yang harus bergulir, mencari untung, berkompetisi, dan membayar biaya rutin serta berinventasi. Dan semua itu tentu membutuhkan modal, berupa dana segar slah satunya. Dan salah satunya lagi dengan memperbaiki gerbong – -gerbong yang rusak, mengecet ulang gerbong, memperbaiki barang – barang seperti bangku penumpang dll. Serta membuka lowongan pekerjaan khususnya untuk seorang masinis sehingga tidak kekurangan armada dan menitik beratkan kepada keamanan stasiun juga yaitu dengan cara menyebarkan petugas – petugas di tempat stasiun yang vital sehingga meminimumkan perbuatan- perbutan kriminal dan fasilitas menunggu pengguna kereta api yang nyaman dan aman.

Hal ini merupakan strategi PT kai untuk memberikan kenyamanan para komsumen. Selain itu, mereka juga berupaya untuk meningkatkan. Sumber Daya Manusia dengan meningkatkan disiplin waktu dan pelayanan yang baik.

Kesimpulan dan Saran

 Kesimpulan

PT. Kereta Api (Persero) sebagai salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dalam bisnis jasa angkutan darat. Kereta Api merupakan alternatif bagi masalah angkutan jalan raya. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan haruslah perlu diperhatikan khususnya pada keterpaduan dalam memberikan pelayanan dari pihak-pihak terkait yaitu para petugas yang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan pelayanan dari pihak-pihak terkait yaitu para petugas yang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Di dalam menilai kualitas pelayanan menurut konsep manajemen transportasi dalam meningkatkan jasa pelayanan transportasi terdiri dari beberapa faktor-faktor keamanan dan keselamatan, perjalanan, ketepatan waktu, kemudahan pelayanan, kenyamanan dan kecepatan juga tepat dalam memberikan informasi.

. Saran
Kereta api merupakan salah satu diantara banyak alat transportasi yang penumpangnya tidak pernah sepi dan tempat duduk selalu penuh dengan penumpang, maka dalam hal ini di harapkan pelayanan yang diberikan oleh petugas dan karyawan kepada penumpang bisa memuaskan. Maka dari itu penumpang akan merasa puas menggunakan jasa kereta api jika diberikan keamanan dan kenyaman yang baik.

Daftar Pustaka

Wikipedia

Koran pos kota edisi 17 oktober 2013

http://irmanurrahma92.blogspot.com/2012_12_01_archive.html

Leave a comment